Yesus adalah Terang Dunia

Tema Renungan: “Yesus adalah terang dunia”
Nats: Yohanes 8:12-20
Pdt. Joni Stephen

Pernyataan Tuhan Yesus dalam perikop ini ialah: Yesus adalah terang dunia. Demikian juga di Matius 5:14 Tuhan Yesus menyatakan “kami adalah terang dunia”, di mana pernyataan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya. Fungsi terang adalah menerangi kegelapan, supaya yang dalam kegelapan dapat melihat jalan yang benar. Sebagai pengikut Yesus akan mempunyai terang hidup, terang yang menuntun dalam setiap langkah kehidupan.

Kebenaran pernyataan Yesus dipertanyakan oleh orang farisi, sebagai kesaksian yang tidak benar. Menjawab ketidakpercayaan orang farisi, Yesus balik menekankan kesatuan Dia dengan Bapa sehingga kesaksian Yesus dengan Bapa adalah pernyataan yang sah dan benar. Salah satu aspek dari Yesus sebagai terang dunia ialah Yesus menjadi sumber kehidupan bagi dunia ini. Seperti tumbuh-tumbuhan beroleh hidup dari sinar matahari, maka kita pun memiliki hidup karena Kristus. Aspek lain dari Yesus sebagai terang dunia adalah Dia sebagai petunjuk jalan. Dengan mengikuti Kristus kita berjalan pada jalan yang benar.

Berkenaan dengan keadaan manusia yang semakin mengalami kekosongan dan ketakutan serta kebimbangan tentang kehidupan di dunia ini maka pernyataan Tuhan Yesus ini membawa kesegaran baru. Tuhan Yesus yang adalah Jalan, Kebenaran, dan Hidup membawa keselamatan manusia. Dengan terang Kristus, jalan keselamatan menjadi jelas dan arah perjalanan hidup kita menjadi pasti.

Dengan terang Kristus maka dosa tidak dapat disembunyikan melainkan melalui penyesalan dan pertobatan selayaknya dibawa kepada Kristus agar dapat mengalami pengampunan sejati. Dengan demikian seseorang yang ada di dalam Kristus akan memiliki terang, kita akan berjalan pada jalan kebenaran kita mengenal Dia yang adalah terang dunia dan mengenal Bapa yang kekal, amin.

Tuhan memberkati setiap kita yang setia membaca dan merenungkan serta mengalami Firman Tuhan.

Teriring salam doa

 

Bagikan Informasi ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Informasi Terbaru

“Ini Tuhan!”

“Ini Tuhan!” Oswald Chambers dari buku My Utmost for His Highest (1935) Kata Yesus kepadanya, “Berilah Aku minum” (Yoh. 4:7). Berapa banyak dari kita yang

Selengkapnya »