Anda Masih Jatuh Bangun Dalam Dosa?

Anda Masih Jatuh Bangun Dalam Dosa? Bagian II
Eddy Hartanto
Bagian I

Bagaimanakah kita bisa menghidupi ayat-ayat Alkitab yang menyatakan bahwa kita tidak dikuasai lagi oleh dosa (Roma 6:14) dan bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi (1 Yohanes 3:9). Lebih tajam dalam Alkitab bahasa Inggris ESV “No one born of God makes a practice of sinning” atau tidak berbuat dosa terus-menerus.

Mari kita lanjutkan membaca respon kedua dari Petrus setelah berkhotbah di hari Pentakosta setelah kenaikan Tuhan Yesus. Ketika orang-orang tertusuk hatinya dan bertanya “Apakah yang harus kami lakukan?”, respon kedua dari jawaban Petrus adalah berilah dirimu dibaptis..

Kisah Para Rasul 2:38 (TB)  Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kemudian dalam Ibrani 6:1, disebutkan bahwa pelbagai pembaptisan adalah bagian ketiga dari asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus.

Ibrani 6:1-2 (TB) 1 Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah, 2 yaitu ajaran tentang pelbagai pembaptisan, penumpangan tangan, kebangkitan orang-orang mati dan hukuman kekal.

Ada apa dengan baptisan yang membuatnya begitu penting? Mari kita survei apa yang Alkitab katakan tentang baptisan.

Survei Ayat-ayat Baptisan di Alkitab

Dengan adanya aplikasi alkitab di handphone dengan fitur pencarian yang baik, maka tidak sulit untuk mendapatkan daftar ayat-ayat yang mengandung kata kunci tertentu. Berikut adalah dua screenshot yang memuat sebagian hasil pencarian ketika kita masukkan kata ‘baptis’ ke dalam menu pencarian:

Ayat yang tampil pertama adalah Matius 3:1, sehingga tidak ada ayat di perjanjian lama yang memuat kata baptis. Di perjanjian baru ada 90 hasil pencarian, seperti yang ditampilkan di screenshot aplikasi alkitab di atas sebelah kiri bawah.

Kalau kita pilah lagi, sebagian besar ayat-ayat yang memuat tentang kata baptis adalah mencatat terjadinya pembaptisan dan orang-orang yang terlibat dan juga bagian dari kata Yohanes Pembaptis, dan sebagian lagi ada beberapa ayat yang membahas atau menjelaskan tentang baptisan atau hal-hal yang terkait dengan baptisan.

Dan jika dipisahkan kumpulan ayat-ayat hasil pencarian ini sebelum Tuhan Yesus disalibkan, mati dan bangkit dan sesudahnya, maka kita mendapatkan ayat-ayat mengenai baptisan terkait baptisan Yohanes, dan baptisan di zaman kisah para rasul dan surat-surat Paulus.

Ayat-ayat terkait penjelasan baptisan sebelum Tuhan Yesus mati di kayu salib dan bangkit.

Ayat Isi Ayat Catatan
Matius 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.  Dibaptis air sebagai tanda pertobatan

Dalam versi ESV:

Baptize for repentance

Markus 1:4 demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.” Bertobatlah dan dibaptis dan Allah mengampuni dosa
Lukas 3:3 Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu, Bertobatlah dan dibaptis dan Allah mengampuni dosa
Kisah Para Rasul 19:4 Kata Paulus: “Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.”  Baptisan Yohanes = Pembaptisan orang yang telah bertobat

Ayat-ayat terkait penjelasan baptisan sesudah Tuhan Yesus mati di kayu salib dan bangkit.

Ayat Isi Ayat Catatan
Markus 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Percaya dan dibaptis akan diselamatkan
Kisah Para Rasul 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Bertobatlah dan dibaptis untuk pengampunan dosa, maka akan menerima karunia Roh Kudus
Kisah Para Rasul 22:16 Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan! Dibaptis dan dosa-dosa disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan
Roma 6:3-4 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Dibaptis dalam kematian Kristus. Dikuburkan bersama-sama dengan Kristus oleh baptisan dalam kematian, supaya sama seperti Kristus dibangkitkan kita akan hidup dalam hidup yang baru
1 Korintus 10:2 Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.  Dibaptis dalam awan dan dalam laut
Galatia 3:27 Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.  Mengenakan Kristus
Kolose 2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.  Dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Kristus turut dibangkitkan
1 Petrus 3:21 Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan — maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah — oleh kebangkitan Yesus Kristus, Diselamatkan oleh baptisan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah

Observasi ayat-ayat di atas, banyak keterkaitan antara bertobat dan dibaptis dan pengampunan dosa atau dosa disucikan.

Kemudian yang menarik dan menonjol di tabel ayat-ayat di atas adalah Roma 6:3-4 dimana Paulus mengaitkan baptisan dengan dikuburkan bersama-sama dengan Kristus oleh baptisan dalam kematian supaya sama seperti Kristus dibangkitkan kita akan hidup dalam hidup yang baru. Dan Paulus juga menulis sekali lagi di Kolose 2:12 tentang dikuburkan dalam baptisan dan turut dibangkitkan dalam Kristus. Ayat lain yang juga menarik adalah 1 Korintus 10:2 tentang bangsa Israel dibaptis dalam awan dan dalam laut.

Baptisan = Pemakaman manusia lama kita?

Membaca kitab Roma pasal 6 lebih lanjut, kita menemukan ayat-ayat berikut:

Supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya … (Roma 6:6)

Dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana … (Roma 6:12)

Kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa … (Roma 6:14)

Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran (Roma 6:18)

Menilik kembali tulisan Agustinus dari Hippo mengenai empat keadaan manusia (Fourfold State of Man), yang dimuat oleh kitab Roma pasal 6 mengacu kepada keadaan ketiga yaitu

posse peccare, posse non peccare yang artinya bisa berdosa dan bisa tidak berdosa. Manusia tidak dikuasai lagi oleh dosa, dan bisa tidak berdosa. Berdosa atau tidak kembali manjadi suatu pilihan dan bukan perbudakan atau keharusan. Keadaan ketiga ini digambarkan di gambar no 4 di bawah ini.

1 & 4 = posse peccare, posse non peccare (bisa berdosa, bisa tidak berdosa)
2 & 3 = posse peccare, non posse non peccare (bisa berdosa, tidak bisa tidak berdosa)

Pemikiran ini terlintas di benak penulis ketika merenungkan bahwa baptisan adalah penguburan atau pemakaman manusia lama; syukurlah bahwa media yang digunakan adalah air, bukan tanah atau pasir atau gua seperti penguburan jenazah pada umumnya.

Bangsa Israel Dibaptis dalam awan dan dalam laut

1 Korintus 10:2 mengaitkan peristiwa bangsa Israel berjalan di bawah perlindungan awan dan melintasi laut Teberau yang terbelah dengan dibaptis dalam awan dan dalam laut. Sebelum peristiwa ini, bangsa Israel adalah budak dari Mesir yang dibebaskan oleh Tuhan.

Banyak dari peristiwa-peristiwa di Perjanjian Lama merupakan tipe atau gambaran yang digenapi dalam Perjanjian Baru. Bangsa Israel adalah gambaran kita sebagai orang percaya kepada Tuhan Yesus yaitu Israel rohani. Mesir sebagai negara adikuasa pada zaman itu adalah gambar dunia dan kemegahannya. Bangsa Israel sebelumnya diperbudak oleh Firaun dan bangsa Mesir, adalah gambaran orang percaya yang sebelumnya dari dunia dan yang diperbudak oleh dosa dan agen-agennya yaitu roh-roh dunia (disebut dalam 1 Korintus 2:12, 1 Yohanes 4:4) dan roh yang bekerja di antara orang-orang durhaka (Efesus 2:2). Bangsa Israel dibebaskan oleh Tuhan dan dituntun masuk ke dalam tanah perjanjian atau tanah Kanaan, adalah gambaran orang percaya yang dibebaskan oleh Tuhan dan dituntun masuk ke dalam keselamatan atau kerajaan Sorga.

Sebelum bangsa Israel menyeberang Laut Teberau yang dibelah oleh Tuhan, mereka bisa kembali ke Mesir dengan berbalik arah. Juga Firaun dan tentaranya mengejar bangsa Israel.  Paulus dalam 1 Korintus 10:2 menyebutkan bahwa peristiwa melintasi Laut Teberau adalah dibaptis dalam laut, dan yang terjadi setelah bangsa Israel selesai menyeberang, segala air yang terhenti kembali pada tempatnya dan menutup, menimpa Firaun dan tentaranya yang sedang mengejar bangsa Israel dalam laut yang terbelah tersebut.

Di seberang laut Teberau, bangsa Israel tidak bisa kembali ke Mesir, sebagai gambaran orang percaya yang melalui baptisan meninggalkan kehidupan lamanya yang diperbudak oleh dosa. Dan Firaun dan tentaranya yang tenggelam, sebagai gambaran roh-roh jahat yang berada dalam kehidupan seseorang akibat dosa-dosa orang tersebut, sudah tidak bisa mengejar dan tidak bisa berpegangan lagi pada orang yang sudah mati terhadap kehidupan lamanya dikuburkan dalam baptisan.

Dengan pengertian ini, penulis menjadi saksi mata dalam beberapa pembaptisan orang yang sungguh-sungguh bertobat, ketika orang tersebut masuk dan keluar dari air, ada manifestasi atau perwujudan fisik dari penenggelaman “Firaun dan tentaranya” karena agen-agen dosa ini kehilangan pegangan mereka atas hidup orang tersebut dan mereka harus keluar dari hidup orang tersebut.

Kolose 1:13 (TB)  “Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih”

Kembali ke judul artikel ini – anda masih jatuh bangun dalam dosa?

Bertobatlah dan beri diri saudara dibaptis kepada Tuhan Yesus dimana saudara dikuburkan bersama-sama dengan Kristus dan dibangkitkan bersama-sama dengan Kristus dalam hidup yang baru supaya tubuh dosa saudara hilang kuasanya, dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuh saudara, dan saudara tidak akan dikuasai lagi oleh dosa.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Bagikan Informasi ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Informasi Terbaru

“Ini Tuhan!”

“Ini Tuhan!” Oswald Chambers dari buku My Utmost for His Highest (1935) Kata Yesus kepadanya, “Berilah Aku minum” (Yoh. 4:7). Berapa banyak dari kita yang

Selengkapnya »

Allah Tritunggal

Allah Tritunggal Pst. Max Chandra Allah Tritunggal adalah doktrin Kristen yang paling banyak disalahpahami baik oleh orang Kristen sendiri apalagi yang bukan Kristen.  Mungkin doktrin

Selengkapnya »