Sejarah Saksi-saksi Yehova dan Ajarannya

Sejarah Saksi-saksi Yehova dan Ajarannya
Pst. Max Chandra

Sejarah Saksi Yehova dan Ajarannya:
1. Charles Taze Russel :
Charles dilahirkan pada 16 Februari 1852 di Pennsylvania, USA. Tahun 1870 membentuk kelas Alkitab dan 1876 diangkat sebagai pendeta oleh kelas Alkitabnya. Pada 1879 menerbitkan majalah The Herald of The Morning kemudian ganti nama menjadi Menara Pengawal. Charles meninggal tanggal 31 Oktober 1916 dan digantikan oleh penerusnya Joseph Franklin Rutherford.
2. Joseph Franklin Rutherford :
Joseph lahir tahun 1869 di Missouri, USA. Dia adalah seorang hakim, dan tahun 1894 dia mulai mengikuti Charles dan 1904 bersama istrinya menjadi pembantu Charles dan 1916 menggantikan Charles menjadi pemimpin Saksi Yehova. Ia menerbitkan majalah yang kedua “Sadarlah”. Tahun 1931 berdasarkan Yes43:10-12 gerakannya diganti namanya menjadi “Saksi-saksi Yehova”. Dia menulis banyak buku dan diterjemahkan dalam 80 bahasa. Ia meninggal pada 8 Januari 1942, dan digantikan oleh Nathan Homer Knorr.
3. Nathan Homer Knorr
Nathan dilahirkan pada 1905 di Pennsylvania, USA. Ia mengenal Saksi Yehova ketika masih di SMA. Pada tahun 1942 menggantikan Joseph memimpin Saksi Yehova. Tahun 1950 menerbitkan Perjanjian Baru versi Saksi Yehova yang diberi nama “Alkitab Terjemahan Dunia Baru” yang terjemahannya sangat lain dari versi Alkitab gereja Kristen pada umumnya. Ia meninggal pada Juni 1977 dan digantikan oleh Frederick W. Franz.

Ajaran Saksi-saksi Yehova yang bertentangan dengan ajaran Kristen pada umumnya:
1. Menubuatkan kedatangan Yesus yang kedua kalinya pada tahun 1874 dan 1914, tetapi meleset.
2. Melarang transfusi darah sekalipun harus mati ketika dioperasi.
3. Menerjemahkan sendiri Perjanjian Baru yang disesuaikan dengan ajaran mereka.
4. Menganggap pemerintah berasal dari setan. Menolak memberi hormat kepada bendera Negara dan menolak wajib militer.
5. Menyangkal keallahan Yesus dan Allah Tritunggal.
6. Tidak percaya ada neraka.
7. Surga mereka ada dua tingkatan, bawah dan atas. Semua yang percaya kepada Yehova akan dibangkitkan pada hari kiamat, sedangkan yang tidak percaya Yehova hilang begitu saja. Surga tingkat atas hanya dihuni 144,000 orang yaitu yang setia memberitakan Yehova menyadarkan orang Kristen. Orang saksi-saksi Yehova yang kurang giat memberitakan Yehova dibangkitkan hanya tinggal di firdaus di bumi selamanya (Mazmur 103:19-21; Kisah 7:55) Daniel 7:27; 2 Timotius 2:12; Wahyu 5:9, 10; 14:1, 3. (Mazmur 104:5; 115:16; Pengkhotbah 1:4) Mazmur 37:11, 34.
8. Tidak percaya roh manusia kekal. Manusia setelah mati tertidur atau tidak ada reaksi apa-apa. Namun pada akhir zaman yang percaya Yehova akan dibangkitkan, sedang yang tidak percaya tetap tidur atau hilang.

Tanggapan :
1. Salah satu ciri khas ajaran sesat ialah mencoba meramalkan kedatangan Yesus yang kedua kali dan selalu meleset. Dari poin ini saja sudahlah kita pastikan Saksi-saksi Yehova ini sesat. Matius 24:36 “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di Surga tidak dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.” Mengapa Anak atau Yesus tidak tahu? Yesus dalam keadaannya sebagai manusia Dia menjelma jadi manusia. Dia membatasi diri-Nya perlu makan, perlu minum dan istirahat, perlu berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain, termasuk ada hal yang Dia tidak tahu.

Selain itu hal kedatangan Yesus kedua kali tidak baik jika diketahui oleh manusia, supaya manusia berjaga-jaga setiap saat. II Pet 3:10 “Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri.” Kedatangan Yesus kedua kalinya mendadak. Dapat dibayangkan jika kita tahu tahun depan Yesus datang kedua kalinya, mungkin semua orang bermalas-malasan atau berbuat dosa dulu setelah mendekat harinya baru bertobat lagi.

Kemudian Saksi-saksi Yehova mengajarkan bahwa sebenarnya Yesus sudah datang tetapi kedatangannya itu hanya dilihat dan diketahui oleh para Saksi-saksi Yehova. Jadi mereka memisahkan kedatangan Yesus yang kedua kalinya (sudah datang) dan hari kiamat. Faktanya Alkitab tidak memisahkan kedua hal ini, kedatangan Yesus kedua kalinya itulah hari kiamat.

2. Melarang transfusi darah sekalipun harus mati ketika dioperasi. Di dompet para Saksi-saksi Yehova ada surat pernyataan bahwa jika mereka kecelakaan mereka menolak transfusi darah, mohon dihargai. Alasannya tidak lain Perjanjian Lama melarang makan makanan mengandung darah, apalagi transfusi darah. Apakah orang Yahudi tidak makan darah? Mereka makan daging domba, daging sapi dan lain-lainnya, yang tentu dalam daging itu pasti masih tersisa darah, sekalipun dipanggang atau dimasak. Dalam Perjanjian Baru Paulus mengajarkan jangan melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah. I Timotius 4:1-4 Lagi pula transfusi darah sangat diperlukan untuk menyelamatkan jiwa.

3. Menerjemahkan sendiri Perjanjian Baru yang disesuaikan dengan ajaran mereka. Saksi-saksi Yehova tidak menerjemahkan Perjanjian Lama karena banyak ayat-ayat yang dipakai untuk mendukung ajaran mereka. Tetapi Perjanjian Baru mereka harus menerjemahkan ulang, untuk mendukung ajaran mereka.

Alkitab yang diterjemahkan baik Inggris, atau Indonesia dapat dikatakan sangat baik, 99,99% tidak perlu diperbaiki. Para penerjemah juga adalah para sarjana yang menguasai bahasa asli Alkitab Perjanjian Baru yaitu Aram dan Yunani. Alkitab pernah diterjemahkan ulang dengan tujuan supaya memakai ejaan yang disempurnakan dan bahasa sehari-hari, dan bukan untuk mengubah artinya yang disesuaikan ajaran seseorang.

4. Menganggap pemerintah berasal dari setan. Menolak memberi hormat kepada bendera Negara dan menolak wajib militer. Pendirinya Charles memiliki dendam pribadi terhadap pemerintah. Dia pernah demi membiayai penerbitan majalahnya melakukan penipuan menjual gandum ajaib yang harganya 7 kali lipat dari harga pasaran, dituntut dan dihukum. Surat Roma mengajarkan bahwa kita harus tunduk kepada pemerintah karena pemerintah wakil Allah. Roma 13

5. Menyangkal keallahan Yesus dan menyangkal Allah Tritunggal. Kalau Yesus adalah Allah pastilah Allah itu Tritunggal. Kesaksian akan keallahan Yesus dalam Alkitab seperti bintang di langit banyaknya. Dia disembah oleh Tomas dengan memanggil-Nya Tuhanku dan Allahku (Yoh 20), Dia disalibkan karena mengaku diri-Nya Anak Allah yang artinya menyamakan diri-Nya dengan Allah, Dia mengampuni dosa menyamakan diri-Nya dengan Allah karena hanya Allah yang mengampuni dosa.

6. Tidak percaya ada neraka. Kesaksian Alkitab tentang neraka juga seperti bintang banyaknya. Hal ini juga tersirat dalam hati nurani setiap orang. Itulah sebabnya hampir setiap agama kecuali Saksi-saksi Yehova semuanya percaya adanya neraka.

7. Ayat-ayat yang dipakai untuk mendukung adanya surga dua tingkat tidak ada kaitannya dengan surga di atas dan firdaus di bumi itu penafsiran bersifat spekulasi. Angka 144,000 itu adalah menunjukkan angka yang sempurna, yaitu 12 x 12 x 1,000. Bagi peneliti kitab Wahyu menyebutkan kitab Wahyu ditulis pada masa penganiayaan Kekristenan, sehingga kitab ini ditulis dengan menggunakan banyak simbol yang dimengerti pada masa itu. Untuk kita pada masa kini, harus mempelajari budaya dan keadaan pada masa itu, tidak boleh menafsirkan dengan sembarangan.

Ternyata hampir semua ajaran sesat dalam kekristenan mendasarkan ajarannya dengan penafsiran yang salah terhadap kitab Wahyu yang menggunakan banyak simbol. Salah satu ajaran sesat itu ialah Saksi-saksi Yehova.

8. Kisah Yesus dalam Lukas yaitu Lazarus yang miskin dan orang kaya (Lukas 16:19-31) adalah fakta orang yang telah mati sebelum dihakimi tetap ada dalam dua kondisi yaitu di Firdaus atas dan bawah. Yang di atas di dalam pangkuan Abraham dan yang di bawah berada dalam api penderitaan. Ketika penghakiman terakhir, yang percaya masuk ke surga kekal sedang yang tidak percaya mereka tetap ada mempertanggung jawabkan perbuatan, masuk ke api yang kekal (Wahyu 20).

 

Bagikan Informasi ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Informasi Terbaru

Siapa Yang Bersalah

SIAPA YANG BERSALAH Nats: Keluaran 32 Pdt. Dimas Menyalahkan orangtua, teman-teman, atau keadaan karena dosa-dosa kita adalah tindakan yang buruk. Namun yang paling buruk adalah

Selengkapnya »